Pages

Resep : Easy Made Kung Pao Chicken



Jika anda membaca nama menu sehat kita kali ini, pasti hampir semua sudah mengenalnya. Akan tetapi dalam edisi kali ini saya akan berbagi cara membuat kung pao chicken dengan cara yang mudah. Tapi sebelumnya, yuk kita lihat sedikit mengenai kung pao chicken.

Kung pao chicken adalah salah satu makanan Asia yang cukup populer di restoran China di kawasan Asia dan Amerika Utara (China Town). Kung pao chicken itu sendiri adalah masakan Szechuan yang berasal dari propinsi Sichuan. Masakan ini sering disebut juga Gong Bao Chicken dan diyakini masakan ini diberi nama mengikuti gelar Ding Baozhen (1820–1886) yang dulunya merupakan gubernur propinsi Sechuan dan juga pejabat dinasti Qing yang terakhir. Gubernur ini dulunya mempunyai gelar Gong Bao yang artinya palatial guardian atau wali yang bertugas mengajar putra mahkota. Nama “kung pao” berasal dari gelarnya.

Asal mula nama kung pao berawal dari ketika suatu hari Ding Baozhen mengunjungi rumah temannya, Wang Xiaoqin. Wang ingin memasak ayam kukus, tapi waktunya tidak cukup sehingga daging ayamnya pun dipotong bentuk kubus, menambahkan cabe kering dan bawang putih dan merebusnya.
Ding Baozhen sangat terkesan dengan masakan Wang sehingga ketika dia menjabat sebagai guberner di Sichuan, masakan Wang disajikan kepada para tamu dan mereka memuji masakan tersebut. Masakan tersebut hampir 10 tahun tidak memiliki nama. Salah satu tamu pada jamuan makan Ding mengusulkan untuk menamai makanan tersebut dengan gelar yang disandang Ding, sehingga makanan tersebut waktu itu dikenal dengan nama “Ji ding Gongbao”.

Dari generasi ke generasi makanan ini menjadi terkenal. Namun selama revolusi kebudayaan di China, nama masakan ini dikaitkan dengan masalah politik, sehingga pada perkembangannya sempat berubah nama menjadi “hong bao ji ding” atau ayam dadu tumis (fast-fried chicken cubes) atau “hu la ji ding” atau ayam dadu dengan bumbu cabe pedas (chicken cubes with seared chiles). Nama asli kung pao chicken digunakan kembali setelah rehabilitasi poliltik tahun 1980-an.

Kung pao chicken adalah masakan yang menggabungkan citarasa manis, gurih, dan pedas. Kung pao chicken sendiri adalah tumisan berbumbu yang dibuat dari daging ayam dipotong dadu, kacang tanah, sayuran dan lada. Bahkan menurut informasi, kung pao chicken pun telah dikalengkan dan digunakan oleh astronot China di luar angkasa. Secara umum ada 2 teknik memasak kung pao chicken yaitu teknik Sichuan dan teknik ala barat.

Pada versi sichuan, potongan ayam berbentuk dadu dicampur dulu dengan bumbu yang sudah disiapkan. Bumbu yang terdiri dari lada dan merica Sichuan (Sichuan peppercorn) ditumis terlebih dahulu menggunakan api (flash fried) untuk menambah citarasa, kemudian ayam, sayuran, kacang tanah (yang sangrai atau segar) ditumis. Anggur Shaoxing digunakan untuk meningkatkan citarasa. Merica Sichuan adalah komponen penting dalam memasak kung pao chicken menggunakan teknik Sichuan.

Teknik menyiapkan kung pao chicken versi barat diawali dengan menumis ayam yang ditaburi pati jagung, kemudian wajan dipanaskan sampai mencapai titik api, tanpa minyak. Minyak kacang tanah ditambahkan kemudian ayam dipanaskan dengan teknik flash-fried, kemudian diikuti dengan anggur beras, dan kecap.

Kemudian setelah itu kacang tanah dan sayuran (seperti wortel dan kubis) dimasukkan dilanjutkan dengan memasukkan anggur beras, saus hoisin, saus tiram, dan lada. Sedikit minyak wijen dapat ditambahkan untuk menambah citarasa. Masakan ini dapat siap dalam waktu 1 setengah menit dihitung dari ketika minyak ditambahkan ke dalam wajan. Selain menggunakan ayam, dapat juga digantikan dengan udang, sapi, babi, atau tahu. Saus hoisin adalah saus yang terbuat dari kentang, gandum atau beras, air, gula, kedelei, vinegar, garam, bawang putih dan lada.

Untuk 2 porsi
Bahan
200 g dada ayam (potong dadu)
1/2 sdm lemon juice
30 g brokoli
30 g kacang tanah sangrai
1 batang daun bawang (potong-potong + 2 cm)
1 sdm kecap manis
½ sdm saus tiram
½ sdt minyak wijen
¼ sdt garam
½ sdt lada
½ sdm pati jagung (dilarutkan dalam 50 ml air)
½ sdm minyak canola
50 ml air
Cara membuat
  1. Baluri daging ayam dengan lemon juice dan diamkan sekitar 15 menit.
  2. Panaskan minyak canola. Tumis bawang merah, dan bawang putih sampai harum.
  3. Masukkan daging ayam dan tumis sampai matang.
  4. Masukkan brokoli, daun bawang dan kacang tanah. Aduk rata. Tumis sebentar.
  5. Masukkan kecap manis, saus tiram, lada, garam, dan minyak wijen. Aduk rata. Setelah campurannya mulai mendidih, masukkan pati jagung. Aduk sampai kental.
  6. Angkat dan sajikan.
Nilai nutrisi per porsi
Energi: 242,5 kkal
Lemak: 12,2 g
Karbohidrat: 3,9 g
Serat: 1,8 g
Protein: 27,5 g
Tips dan saran
  1. Sayuran brokoli bisa digantikan dengan sayuran lain seperti kembang kol, pok choy, dan lain-lain.
  2. Tambahkan sumber karbohidrat kompleks ketika menyantapnya untuk melengkapi kandungan gizinya, seperti beras merah, atau beras coklat.

Popular Posts