Pages

Resep Jajan Pasar|Kue Kelepon

Saya selalu tergoda untuk makan setiap kali melihat kue ini. Bentuknya yang mungil, warnanya hijau dengan balutan kelapa parut. Rasanya, kombinasi antara gurih dan kejutan manis gula jawa di dalamnya. Saya yakin Anda pasti sama dengan saya. "Ngga puas dengan mencoba satu biji kue klepon". Anda ingin mencobanya di rumah? Berikut resep kue klepon yang konon berasal dari Pulau Jawa ini.

Kue Klepon


Bahan:
300 gr tepung ketan
200 ml air dingin
½ sdt garam halus
3 tetes pewarna hijau
100 gr gula merah, iris tipis
Pelengkap, aduk rata, kukus selama 10 menit:
100 gr kelapa setengah tua, parut memanjang
½ sdt garam halus

Cara Membuat:
1. Campur tepung ketan dengan garam dan pewarna hijau, aduk rata. Tambahkan air sedikit demi sedikit sambil diuleni hingga terbentuk adonan yang kalis.
2. Ambil satu jumput adonan, bentuk menjadi bulatan, pipihkan. Isi dengan ½ sdt gula merah, bentuk kembali menjadi bulatan. Lakukan hingga adonan habis.
3. Rebus adonan yang telah dibentuk di dalam air mendidih. Setelah matang, angkat. Gulingkan ke atas kelapa parut hingga seluruh permukaan terselimuti kelapa. Hidangkan segera.
Untuk ± 50 buah

Tip: Adonan harus segera dibentuk agar tidak kering dan pecah saat dibentuk. Isi jangan terlalu banyak agar tidak keluar saat direbus. Jika Anda menyukai tekstur klepon yang agak padat, tambahkan ¼ sdm air kapur sirih

Resep/Dapur Uji/Foto/Food Stylist: Budi Sutomo
Sumber:budiboga.blogspot.com

Popular Posts